Tahiyyat

Tahiyyat - 2009/09/08 06:57
Assalaamualaikum Wr. Wb,

Ya Habibana Munzir yg Ana cintai ada pertanyaan sbb:
1.Apa hukumnya menunjuk pada waktu tahiyyat dan apa maknanya? adakah riwayat dari Nabi yg menjelaskan perihal ini?
2. Menanggapi shalat sunnah dengan cepat bagaimanakah penerapannya? apakah setiap bacaan disingkat, misal Ruku membaca Subhanallahi wabihamdih 1X kemudian, sujud juga bacaan hanya 1X atau bagaimana, karena ana jg termasuk orang yg bekerja pada malam hari dan tidak bisa shalat dalam waktu lama.
3. Ana ingin tahu bagaimana cara Rasul SAW tidur, dari mulai berbaring di tempat tidur (apakah beliau bersiwak terlebih dahulu) sampai bacaan atau dzikir yg beliau baca menjelang tidur.

Demikian pertanyaan hamba yg ingin menyempurnakan Ibadah kepada Allah. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan keberkahan kepada Habib dan keluarga.

waafwaminkum. wassalaamualaikum.

Re:Tahiyyat - 2009/09/08 16:28
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kemuliaan Ramadhan, Kesucian Nuzulul Qur'an, Cahaya Keagungan Lailatul Qadr, Keluhuran Badr Alkubra, dan Ijabah pada hari hari shiyam dan qiyam semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. Berikhtilaf para Imam Madzhab dalam hal ini :
Menunjukkan jari telunjuk saat tahiyyat merupakan sunnah Rasul saw, demikian diriwayatkan dalam shahih Muslim, lalu dijelaskan bahwa khilaf antara empat Imam Madzhab mengenai caranya sbg br :

Menurut Imam Malik, jari telunjuk digerakkan kekiri dan kekanan.

Menurut Imam Syafii jari telunjuk menunjuk saat ucapan ILLALLAH, dan tidak menggerak2kannya (untuk memperkuat kekhusyuan dan keseriusan sangat mengucap kalimat itu.

Menurut Imam Hanafi mengangkat jari telunjuk saat ucapan LAA ILAAHA, lalu menjatuhkannya sejajar lurus saat ucapan ILLALLAH

Menurut Imam Hanbali bahwa telunjuk menunjuk setiap mengucapkan lafadz Allah. (Syarh Ibanatul Ahkam hal 435/436)

Kedua riwayat, yaitu menggerak2kan jari telunjuk dan tak menggerak2kannya merupakan kabar yg shahih menurut Imam Baihaqi, namun tidak menggerak2kannya merupakan hal yg lebih mantap utk khusyu. (Syarh Imam Al Baijuri Ahkam shalat hal 255).
Menggerakkan jari jari tidak membatalkan shalat, demikian ittifaq 4 madzhab.

2. hal itu adalah batas minimal, namun umumnya tarawih cepat mereka membaca lengkap bacaan sujud namun hanya 1X, yaitu subhana rabbiyal a;la wabihamdih. demikian umumnya, namun sekurang2nya adalah sekadar ucapan subhanallah.

3. Rasul saw selalu berusaha bersiwak dalam mengawali segala kegiatan beliau saw, maka jika akan tidur bersiwak maka hal itu sunnah, karena akan dilanjutkan dzikir,

lalu diantara sunnah tidur adalah mengebutkan tempat yg akan ditiduri dengan tangan, hal itu sunnah, dan Rasul saw bersabda barangkali ada binatang buas atau lainnya yg berbahaya (mungkin duri, jarum atau benda yg penting dan berbahaya jika tertindih spt hp kacamata dll).

beliau membaca dzikir sebelum tidur, dan banyak riwayatnya, ada riwayat beliau saw membaca ayat kursiy, ada riwayat membaca al ikhlas 3x lalu alfalaq dan annas dan menghembuskannya ke kedua telapak tangan lalu mengusapkannya ke sekujur tubuh beliau saw semampunya, ada riwayat lain beliau saw mengajarkan membaca subhanallah 33X., alhamdulillah 33x dan Allahu akbar 34X sebelum tidur, siapa yg membacanya maka saat bangun tubuhnya akan diberi kesegaran oleh Allah, dan ini mujarab dan saya selalu melakukannya.

disunnahkan tidur menghadap kekanan, dg posisi wajah menghadap ke kiblat,

disunnahkan tidur dg menaruh telapak tangan kanan untuk ditindih wajah bagian kanan (berbantalkan telapak tangan kanan dan boleh dg bantal namun telapak tangan kanan diatas bantal untuk membantali wajah).

disunnahkan tidur mematikan lampu.

disunnahkan tidur menutup aurat.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam
linknya klik!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan kritik & saran akan sangat berguna bagi perkembangan blog ini!

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top